Dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018, Samsung secara mengejutkan mengumumkan kehadiran ponsel baru mereka bertajuk Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Tidak lama setelah itu, perusahaan asal Korea ini pun langsung meluncurkan perangkat serupa dengan embel-embel Enterprise Edition.

Nggak cuma itu Frozzaholics, Samsung pun menghadirkan versi ini untuk Galaxy A8. Terus apa bedanya Galaxy S9 dan Galaxy A8 versi standar dengan Entreprise Edtion?

Dilansir dalam Phone Arena, versi Enterprise Edition ini sebenarnya punya spesifikasi yang kurang lebih sama dengan model standar, yakni, Galaxy S9 dilengkapi dengan pilihan prosesor Snapdragon 845 atau Exynos 9810 (biasanya hanya ditujukan untuk pasar Asia saja).

Cuma bedanya, dalam versi Enterprise Edition ini, ada beberapa fitur yang membuat ponsel versi Enterprise Edition lebih cocok digunakan oleh kalangan pebisnis.

Contohnya, kedua versi Enterprise Edition ini dibekali dengan fitur dual-SIM. Uniknya, baik Galaxy S9 ataupun Galaxy A8 Enterprise Edition, sudah lebih dulu dilengkapi fitur ini, walaupun versi ini hanya dijual di wilayah Asia saja.

Selain itu, mereka pun membenamkan fitur Knox Configure, yang membuat kamu mampu mengontrol ponsel dari jarak jauh. Selain itu ada juga fitur dan Enterprise Firmware Over-the-Air (E-FOTA), yang memungkinkan kamu mendapat pembaruan firmware tertentu di beberapa perangkat sekaligus.

Khusus untuk Galaxy S9 Enterprise Edition, Samsung pun menjanjikan pembaruan fitur keamanan yang lebih komplit. Bahkan untuk meyakinkan pengguna, Samsung memberikan dukungan keamanan hingga 4 tahun, dan garansi selama 2 tahun.

Sedangkan untuk Galaxy A8 Enterprise Edition, Samsung menawarkan garansi 2 tahun dengan pembaruan keamanan hingga 3 tahun. Pembaharuan ini akan diterima secara berkala dalam setiap bulannya.

Kedua model Enterprise Edition ini rencananya akan meluncur di Jerman pada April 2018 mendatang. Nah untuk masalah harga, Samsung Galaxy S9 Enterprise Edition dibanderol dengan harga 849 euro atau setara dengan 14.3 jutaan, sementara Samsung Galaxy A8 dibanderol 449 euro, atau setara dengan 7.6 jutaan.

Bagaimana Frozzaholics, udah nggak bingung lagi kan? Bedanya cuma tambahan fitur aja kok, selebihnya tetap sama!