Buat Frozzaholics yang doyan main game, sudah pasti kamu tidak akan heran lagi dengan yang namanya console game. Console game sendiri merupakan sebuah mesin elektronik yang memang dirancang khusus untuk bisa memainkan game atau yang kita sebut dengan video game.

Nah, kalau kamu seorang gamers sejati dan ingin mengetahui bagaimana perkembangan video game dari waktu ke waktu, berikut ulasannya.

Generasi Pertama

Generasi pertama perkembangan video game, dimulai pada tahun 1966 dengan lahirnya nama Brown Box yang kemudian dipasaran dikenal dengan nama Magnavox Odyssey. Didalam konsol ini, terdapat sebanyak 16 game built-in yang bisa diganti dengan menggunakan sebuah switch khusus.

Generasi Kedua

Generasi kedua atau biasa disebut juga sebagai awal era 8 bit yang dimulai pada tahun 1976. Kemunculan era kedua ini ditandai dengan keluarnya produk Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video Sistem. Pada generasi kedua ini, Atari berhasil menjadi primadona konsol game.

Generasi Ketiga

Dimulai tahun 1983, generasi ketiga video game muncul ke publik. Hal ini ditandai dengan hadirnya FAMICOM yang kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System yang menguasai pasar game di Amerika Serikat. Dimasa ini, dua perusahaan, yakni Nintendo dan SEGA bersaing ketat.

Generasi Keempat

Generasi keempat ini disebut-sebut sebagai generasi ema dalam dunia video game. Dimasa ini, muncul konsol 16-bit muncul dengan peubahan yang sempurna pada grafik, gameplay dan tata suara. Di era ini, persaingan antara Sega dan Nintendo semakin memanas, terlebih ketika Sega melahirkan Sega Megadrive atau Genesis pada tahun 90an.

Generasi Kelima

Ajang Electronic Entertainment Expo yang pertama kali di gelar, secara mengejutkan melahirkan konsol game pertama yang menggunakan grafik 32 bit. Generasi ini, telah berhasil melahirkan Sony yang merilis Sony PlayStation (1995), yang kemudian diikuti dengan Nintendo 64 (1996).

Generasi Keenam

Setelah Sony terus menerus menelurkan PlayStation di generasi kelima, kini saatnya memasuki dunia konsol game generasi yang ditandai dengan hadirnya NintendoWii U dan diikuti dengan lahirnya PlayStation 4 pada tanggal 20 Februari 2013 yang lalu. Di generasi ini, persaingan di kelas konsol game terus memanas, terutama dengan munculnya Xbox sebagai penantang Nintendo dan Sony.

Di antara semua konsol tersebut, mana sih yang paling Frozzaholics sering dimainkan di waktu senggang?

Sumber image: www.pcgameshardware.de