Kabar terbaru datang dari Apple yang akan menyematkan sensor kesehatan pada salah satu perangkat terbaiknya, AirPods. Ide ini bisa dibilang cukup brilian, pasalnya selama ini sensor kesehatan hanya hadir dalam wearable devices, seperti fitness tracker, smartwatch dan lainnya.

Dilansir dalam Ubergizmo, bocoran ini mulai terkuak setelah pengajuan paten dari pihak Apple bocor ke dunia maya. Jika memang benar, kemungkinan besar sensor kesehatan ini baru bisa diaplikasikan dalam perangkat AirPods generasi terbaru yang rencananya bakalan dirilis di tahun ini.

Lebih lanjut lagi, dalam pengajuan hak paten ini, disebutkan jika sensor biometrik ditempatkan dibagian luar agar bisa menekan area tragus (luar kuping). Setelah itu, sensor akan aktif dan data pengukuran kesehatan biometrik pun akan keluar.

FYI aja nih Frozzaholics, ide menanamkan sensor biometrik dalam perangkat earbud sebenarnya bukan yang pertama dilakukan Apple. Sebelumnya, perusahaan audio seperti Dash dan Jabra, sudah lebih dulu meluncurkan earbud dengan kemampuan tracking kondisi kesehatan penggunanya.

Sama seperti perangkat dengan sensor biometrik, earbud hasil racikan kedua perusahaan tersebut pun diketahui mampu mengukur berbagai kondisi kesehatan penggunannya, dari mulai detak jantung, jumlah langkah atau aktivitas, VO2 Max, dan lainnya.

Jadi Pro Kontra tapi Laku

Kehadiran AirPods di pasaran memang mengundang pro dan kontra. Beberapa konsumen menganggap keputusan Apple tidak lagi menggunakan headphone jack, dan lebih memilih menawarkan AirPods dengan harga mahal, hanya strategi perusahaan untuk merampok konsumennya.

Sementara di sisi lain, banyak juga konsumen yang justru malah memuji perangkat ini karena dinilai lebih futuristik dan simple. Selain itu, kualitas yang dihadirkan pun cukup baik dengan desain yang cantik.

Terlepas dari pro kontra yang muncul di tengah konsumen, faktanya aksesoris ini masih saja laris manis. Bahkan dilansir dalam Cnet, Ming-Chi Kuo, analis KGI Securities, memprediksi jika Apple akan mampu mengapalkan AirPods hingga 26-28 juta unit di akhir tahun 2018

Jadi bagaimana menurut kamu Frozzaholics, kira-kira penambahan sensor kesehatan pada perangkat AirPods ini bakalan bikin mereka lebih laku nggak?