Frozzaholics penggemar Smartphone keluaran produsen asal Cina, Xiaomi? Kalau iya, pasti sudah tahu dan mungkin sudah punya salah satu produk dari merek ini. Salah satu yang terbaru adalah Xiaomi Redmi 5A. Produk satu ini bisa dibilang salah satu produk terbaik dan populer di kalangan pecinta Smartphone Xiaomi. Spesifikasinya cukup mumpuni untuk dipakai bermain game kualitas tinggi. Lalu, untuk berselancar di internet, ponsel pintar ini juga punya fitur yang lengkap. Tampilan dari OS modifikasi Android yang dipakainya juga sangat menarik dan sedap dipandang. Tapi, yang paling penting adalah harganya.

 

Harga ponsel Xiaomi Redmi 5A saat dirilis di Indonesia pada Desember 2017 yang lalu cukup murah. Frozzaholics bisa membelinya dengan harga Rp. 999.000. Kalau Frozzaholics sudah membelinya, pasti tahu dengan harga ini, bukan? Nah, yang menarik dan mungkin agak menyebalkan buat Frozzaholics yang sudah membeli ponsel ini, ternyata harga ponsel ini saat dirilis di Vietnam beberapa waktu lalu lebih murah dari saat dirilis di Indonesia.

 

Harga lebih murah ini disampaikan oleh Director of Product Management and Marketing Xiaomi, Donovan Sung, melalui tweet di akun Twitter pribadinya. Menurut tweet-an Donovan, ponsel ini dirilis di Vietnam dengan harga 1,79 juta Dong (mata uang Vietnam). Kalau dikurskan ke Rupiah, harga ponsel ini sekitar Rp. 984.500. Lebih murah Rp. 14.500! Beda harganya bisa dibuat beli nasi bungkus!

 

Yang lucu juga, pas dirilis di Cina, yang notabene tempat asal dari merek ini, ponsel Xiaomi Redmi 5A harganya lebih mahal, yaitu sekitar 599 Yuan. Kalau dikurskan ke Rupiah, harga itu menjadi sekitar Rp. 1,2 jutaan. Harganya juga lebih mahal, pas dirilis di India, yaitu seharga 5.999 Rupee India atau sekitar Rp. 1,1 jutaan. Mungkin hal ini wajar, karena semakin lama dari tanggal rilis orisinilnya, harganya semakin murah. Di Cina, ponsel ini dirilis pada Oktober 2017, lalu di India pada November 2017, di Indonesia pada Desember 2017 dan baru di Vietnam pada Januari 2018.

 

Ini bisa dibilang strategi yang baru. Biasanya, produk ponsel asal Cina, akan bertambah mahal, saat dirilis di Indonesia atau negara lainnya. Mungkin, dengan menurunkan harganya, Xiaomi akan mendapat lebih banyak pembeli. Karena itu, kalau Frozzaholics belum punya ponsel ini, dapat langsung beli yang rilisan Vietnam dari toko online. Pasti bisa menghemat uang lebih banyak!