Naik kendaraan roda dua maupun roda empat, sama-sama perlu memperhatikan segi keamanan. Frozzaholics, jika ingin berkendara dengan aman, maka jangan pernah abaikan persiapan penting sebelum berkendara. Pastikan Frozzaholics tahu bagaimana berkendara yang aman itu. Untuk itu, Frozzaholics wajib mengetahui tips-tips kocak di bawah ini yang akan membimbing kamu dalam berkendara dengan aman dan nyaman.

Mengecek Kondisi Kendaraan yang Hendak digunakan

Frozzaholics, jangan buru-buru naik kendaraan. Pastikan dahulu Frozzaholics mengecek kondisi kendaraan. Jika hendak naik motor, pastikan kendaraan tersebut adalah motor dan rodanya masih lengkap, ada dua. Jika hendak naik mobil, pastikan kendaraan tersebut adalah mobil roda empat, bukan metromini atau angkutan umum lainnya.

Pakailah Helm Sesuai Aturan dan Demi Keselamatan

Frozzaholics, jika kamu hendak naik motor, maka jangan lupa selalu memakai helm. Mau berkendara jarak dekat atau jauh, helm wajib dipakai. Pakailah helm sesuai aturan demi keselamatan selama berkendara. Ingat, jika Frozzaholics memboncengkan seseorang, maka pastikan saudara yang dibonceng juga memakai helm. Namun, jangan sampai menggunakan jenis helm yang berbeda. Frozzaholics dan saudara Frozzaholics harus sama-sama memakai helm standar atau helm ber-SNI. Bukan orang yang dibonceng yang hanya memakai helm sesuai aturan, sementara Frozzaholics hanya memakai helm abal-abal. Kemudian, bagi yang hendak naik mobil, tidak perlu memakai helm. Melainkan pasang sabuk pengaman agar aman dan selamat selama berkendara.

Bawalah SIM, STNK, dan Surat Penting dalam Berkendara

Frozzaholics, demi uang kamu harus berkurang karena membayar tilang. Lebih baik selalu cek kembali sebelum berkendara apakah SIM, STNK, KTP, dan surat penting yang memang diperlukan saat berkendara sudah dibawa. Namun, tidak perlu membawa surat nikah atau surat yang kurang penting untuk dibawa ya, Frozzaholics. Karena polisi tentu tidak memerlukan surat-surat tersebut.

Perhatikan Lampu Lalu Lintas dan Lampu Kendaraan Frozzaholics

Tips selanjutnya adalah selalu awas dan memperhatikan lampu lalu lintas. Frozzaholics harus tahu kapan lampu tersebut menunjukkan warna merah, kuning, dan hijau. Guna menghindari kesalahan ketika hendak melajukan kendaraan. Ingat, hanya lampu lalu lintas berwarna hijau yang memperbolehkan para pengendara untuk melajukan kendaraan. Jadi, jika warna lampu lalu lintas sudah kuning atau merah, lebih baik hentikan laju kendaraan. Namun, jangan coba-coba menghentikan di tengah jalan raya, Frozzaholics. Kemudian, ada beberapa kawasan yang mengharuskan Frozzaholics untuk menyalakan lampu kendaraan. Dan jangan sampai mengabaikannya ya, Frozzaholics. Jika sampai lupa menyalakan lampu kendaraan meskipun hari masih siang jika Frozzaholics tidak ingin terkena tilang.