Film Dilan 1990 emang sukses banget di pasaran. Cuma sayang Frozzaholics, dibalik kesuksesan yang diraih film ini, ada sedkit cerita miris, yakni masih banyak orang yang tidak menghargai jerih payah sineas Indonesia dengan membeli dan menjual DVD bajakan.

Dalam keterangannya, Ody Mulya Hidayat, Producer Max Pictures, mengungkapkan jika dirinya tidak pinjam telinga atau mata, dia melihat sendiri para penjual tersebut dengan bebas menjual DVD bajakan film Dilan 1990 di wilayah Cirebon.

Menurutnya, kesuksesan film Dilan 1990 yang berhasil mencetak angka penonton lebih dari 6 juta, telah tercederai oleh aksi segelintir orang yang hanya memikirkan keuntungan pribadi, tanpa memikirkan kerugian yang harus ditanggung para sineas Indonesia.

Lebih parahnya lagi, Ody pun mengaku jika DVD bajakan yang dia temui tidak hanya Dilan 1990, masih banyak film-film Indonesia yang dibajak, seperti Warkop Reborn, Pengabdi Setan, Jomblo, Keluarga Tak Kasat Mata dan film-film lainnya.

Sebagai barang bukti, dia pun kemudian membeli CD dan DVD bajakan tersebut untuk kemudian dia laporkan pada pihak kepolisian Cirebon, dan berharap pihak kepolisian mau mengusut tuntas kasus ini agar kasus DVD bajakan tidak terulang lagi dimasa yang akan datang.

Masih Tayang di Bioskop

Hingga saat ini film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla ini sukses membuat 6,3 juta penonton Indonesia baper. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya popularitas Dilan 1990 di jagat maya.

Tidak hanya itu, film ini pun masih tayang di bioskop-bioskop tanah air. Alasan inilah yang membuat Ody belum meluncurkan versi DVD dari Dilan 1990.

Terkait kerugian akibat dari beredarnya DVD Dilan 1990, Ody mengaku belum menghitungnya. Tapi dengan laporan ini, setidaknya dia berharap pihak kepolisian bergerak cepat dalam mengusut kasus ini, sekaligus memberi efek jera bagi para pembajak.

FYI, Indonesia sendiri belakangan ini sedang gencar memerangi pembajakan. Sebagai buktinya, pihak Kominfo sendiri sudah menutup beberapa situs populer yang biasa dijadikan tempat nongkrong para pencinta film dan musik bajakan. Gimana menurutmu Frozzaholics?