Anggota band kerap dikait-kaitkan dengan narkoba. Bukan tanpa alasan anggapan tersebut muncul, karena faktanya sudah ada banyak personil grup musik yang menggunakan obat-obatan terlarang itu. Tidak terkecuali Dave Grohl, mantan drummer Nirvana yang kini menjadi vokalis sekaligus frontman dari unit rock Foo Fighters.

 

Dave Grohl dan kedekatannya dengan narkoba

 

Dalam sebuah kesempatan, Dave Grohl membagi kisah kelamnya saat memakai narkoba. Ternyata, pria yang sering memanjangkan rambutnya tersebut pernah jadi pemakai kronis, Frozzaholics. Namun, masa-masa suram tersebut berakhir sebelum Nirvana menjadi band populer di era 90-an. Grohl, yang kala itu berusia 20 tahun, memutuskan berhenti mengonsumsi narkoba karena menganggap obat-obat tadi tidak memberikan dampak positif terhadap kesehatan jasmani maupun mentalnya.

 

Grohl mengaku keputusannya meninggalkan narkoba tak berlangsung cepat dan mudah, Frozzaholics. Syukurnya, niatnya meninggalkan obat-obatan tersebut lebih besar, sehingga akhirnya dia berhasil lepas dari pengaruh barang haram tadi. Grohl mengaku sedih dan menyesal menyaksikan rekan sesama artis maupun musisi yang terjebak dalam obat tersebut. Dia bahkan berharap dapat membantu mereka untuk keluar dari jurang kelam tersebut.

 

Dave Grohl dan kisahnya selepas Nirvana bubar

 

Hal menarik lain yang tak pernah lepas dari Dave Grohl adalah perannya dalam Nirvana. Kendati Foo Fighters telah menjaring kesuksesan besar, sepertinya orang-orang tak bisa menahan diri buat bertanya tentang Nirvana kepada sang mantan drummer, Frozzaholics. Tidak sedikit pula yang ingin menyaksikan Grohl memainkan tembang-tembang dari band yang membesarkan namanya.

 

Peristiwa tersebut terjadi saat Grohl berada di London, Inggris, pada 2013 sillam. Dilansir dari NME, Grohl didatangi seseorang yang memintanya membawakan lagu Nirvana. Orang itu pun bahkan mau menarik PJ Harvey ke panggung dan berkolaborasi demi mewujudkan gagasan yang dia anggap gila tersebut. Akan tetapi, Grohl menolaknya walau katakter suara Harvey mendekati Cobain.

 

Ketika ditanya alasannya, Grohl menjawab bahwa dia sangat menghormati Cobain. Menurutnya, kalau dia memainkan lagu-lagu Nirvana, maka hal tersebut lebih terasa seperti tribut alih-alih menjadi Nirvana. Dia meminta orang-orang untuk menghargai keputusannya tersebut. Di sisi lain, Grohl memuji vokal PJ Harvey dengan sebutan hebat!

 

Wah, dengan kepribadian seperti ini, wajar saja bila Dave Grohl menjadi salah satu rock star yang masih dikagumi penggemar maupun rekan sesama musisi. Semoga Grohl tetap menciptakan karya-karya yang berkualitas, ya!