Grup idola JKT48 sudah mencuri perhatian publik selama lebih dari lima tahun. Para member-nya tidak hanya mempunyai paras cantik nan rupawan, tetapi juga suara merdu dan talenta-talenta lain yang dapat membuat siapa pun berdecak kagum. Frozzaholics mungkin pernah mendengar satu atau dua lagunya diputar di radio dan televisi. Bahkan salah satu sister group dari AKB48 ini pernah membintangi sebuah film, lho.

Seiring berjalannya waktu, JKT48 juga mengalami pergantian member. Tahun lalu—tepatnya pada hari Sabtu, 27 Februari 2016—menjadi salah satu momen yang tidak terlupakan baik untuk JKT48 maupun Wota (sebutan untuk penggemar grup idol tersebut). Pada hari itu, konser bertajuk JKT48 Request Hour Setlist Best 30 Setlist digelar untuk menghibur para wota. Namun mereka juga tak bisa menyembunyikan kesedihannya karena salah satu anggota JKT48, Haruka Nakagawa, menyatakan untuk keluar.

Lulus dari JKT48

Momen keluarnya member dari JKT48 biasanya disebut dengan graduation atau kelulusan, Frozzaholics. Keputusan Haruka sebagai member terdepan di JKT48 tentunya bukan hal yang mudah untuk diterima, tetapi wota harus tetap berlapang dada. Dilansir dari Japanesestation.com, Haruka menyatakan kalau dia memang keluar dari JKT48, tetapi enggan untuk pulang ke Jepang.

Meski begitu, Haruka tetap berterima kasih kepada rekannya di JKT48, sebab keinginanya untuk pergi ke luar negeri akhirnya tercapai. Dia juga tidak mungkin melupakan grup idola tersebut, apalagi dia sudah menimba banyak pengalaman tak terlupakan selama tinggal di Indonesia. Jika Frozzaholics belum tahu, Haruka Nakagawa merupakan mantan member AKB48 yang kemudian ditransfer ke JKT48 sejak tanggal 1 November 2012.

Kemudian, Haruka punya beberapa alasan mengapa dia memutuskan untuk tidak langsung terbang ke Negeri Sakura, Frozzaholics. Sebab, dia masih mempunyai tanggung jawab sebagai mantan kapten dari Tim T JKT48. Salah satunya adalah dengan memberikan dukungan dan bantuan penuh kepada member di tim tersebut.

Haruka mendapatkan sambutan hangat sejak dia bergabung dengan JKT48. Maka tak heran juga kalau gadis ini sangat mencintai Indonesia. Bukan hanya itu, selain memperoleh penggemar yang banyak, dia pun menjadi salah satu member 48 Family kebanggaan produser AKB48, Yasushi Akimoto. Sebab, Haruka sanggup menjaring popularitas yang sangat tinggi di negara selain Jepang.

Semoga Haruka Nakagawa bisa tetap sukses meski sudah tidak bergabung dengan JKT48, ya, Frozzaholics!