Akhir Februari kemarin Mocca resmi melempar album baru mereka berjudul Lima. Bagi personil Mocca, album baru ini mengingatkan mereka dengan album My Diary, yang merupakan masa-masa indah karena mereka begitu intens saat bertemu, membahas, dan penggarapan musik.

Selain mengingatkan mereka pada album My Diary, masih banyak fakta menarik lainnya tentang album baru Mocca ini. Mau tahu apa saja Frozzaholics?

Semua lagunya pakai bahasa Indonesia

Dalam album-album sebelumnya, Mocca memang sering menampilkan lagu dengan lirik berbahasa Inggris. Tapi untuk album Lima, mereka menghadirkan terobosan baru bagi para Swinging Friends (sebutan untuk fans Mocca), yakni full album berbahasa Indonesia.

Jelas ini pertaruhan yang sangat besar bagi mereka. Album ini pun jadi yang pertama yang full berbahasa Indonesia, sejak 19 tahun mereka berkarya di dunia musik.

Jadi banyak dengerin lagu baru

Terbiasa menulis lagu dalam bahasa Inggris, dan kini harus full menggunakan bahasa Indonesia, tentu sedikit banyak membuat mereka kaku. Makanya, untuk mencairkan imajinasi mereka, para personil Mocca mengaku jadi banyak mendengarkan lagu-lagu baru, terutama dari penyanyi pendatang baru.

Menurut Riko, bahasa Indonesia itu merupakan bahasa yang berbunga-bunga. Kalau tidak cermat dalam memilih kata, bisa jadi mereka malah terjebak dalam lirik yang terlalu manis.

Produsernya Mondo Gascaro

Kali ini Mocca dibantu oleh Mondo Gascaro sebagai produser. Dia bahkan terlibat di hampir semua lagu Mocca, dari mulai memberi arahan mixing, memberi ide isian-isian instrumen lain seperti brass section, dan berbagai instrumen lainnya.

Menurut Rico, sebenarnya dia ingin sekali meng-aransemen lagu-lagu di album Lima ini jadi lebih lebar dan mewah. Tapi semua keinginan itu harus diredam kami Mocca ingin menyajikan apa yang didengar di album, sama persis seperti yang dimainkan di panggung nanti.

Inspirasinya dari Indonesia

Beragam perbedaan yang ada di Indonesia kerap jadi inspirasi Mocca dalam membuat lagu-lagu untuk album Lima.  Tidak hanya kisah cinta, mereka pun akan menyajikan lagu-lagu dengan tema situasi terkini, dan hal-hal yang mereka lihat sebagai ganjalan di hati.

Jadi bagaimana Frozzaholics, sudah siap untuk berburu album Mocca yang kayaknya bakalan Indonesia banget nih!