Segala sesuatu yang ada di sekitar kita dan bisa mengeluarkan bunyi, pada dasarnya bisa dijadikan alat musik. Nggak perlu jauh-jauh, kemarin kita sempat dihebohkan dengan group band yang memainkan alat musik dari genting, dan lainnya.

Nah, konsep serupa kini diusung oleh komposer dan pemain musik Norwegia, Terje Isungset, yang berhasil membuat alat musik dari es. Tidak hanya itu, Terje pun kemudian membawa dan menampilkan alat-alat musik tersebut di Royal Festival Hall di London.

Bukan hanya satu, Terje membawa cukup banyak alat musik dari es, dari mulai terompet-terompet es, drum es hingga iceofone atau gambang dari es. Sebagai penyempurna, tampil juga Maria Skranes, yang berhasil memukau pengunjung dengan suaranya yang menakjubkan.

Dilansir dalam Reuters, Terje menganggap jika pekerjaannya ini lebih dari sekedar membuat alat-alat musik dan memainkannya. Lebih dari itu, dia ingin hadir dengan mengusung misi khusus, yakni memperlihatkan kepada dunia tentang keindahan, sekaligus kerapuhan es.

Bukan Musisi Sembarangan

Terje sendiri rupanya bukan musisi sembarangan Frozzaholics. Di Norwegia, dia lebih dikenal sebagai musisi dengan latar belakang Folk Skandinavia dan jazz.

Selain itu, Terje pun dikenal sebagai pendiri festival musik Isungset di Norwegia. Dalam setiap tahunnya, sekitar 50 festival dan konser dia ikuti, dan kebanyakan konser tersebut memang diselenggarakan di tempat-tempat yang bersuhu dingin, seperti Norwegia, Rusia dan Kanada.

Khusus untuk pertunjukan terbarunya (di London), Terje mengaku jika ini penampilan pertama dan paling sulit. Pasalnya, dia tidak bisa membiarkan semua alat musik tersebut berada di suhu ruangan lebih dari 50 menit. Kalau tidak, semua instrumen tersebut akan rusak total.

Untuk tampil di London, dia mendatangkan semua perlengkapannya secara khusus dari Norwegia dengan menggunakan box khusus yang bisa menyimpan suhu dingin dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, Terje pun menjelaska jika membuat alat musik dari es tidak bisa menggunakan sembarang air. Pasalnya, air yang sudah terpapar polusi (termasuk air keran), akan cenderung menghasilkan bunyi yang kurang bagus. Makanya, dia hanya mau menggunakan es yang berasal dari Utara Swedia.

Gimana Frozzaholics, keren banget kan?