Sepanjang tahun 2017, nama Brian Imanuel atau yang dikenal dengan nama Rich Chigga, berhasil jadi hot topic netizen Indonesia dengan lagunya Dat Stick. Bahkan dengan modal lagu ini, dia pun berhasil menembus pasar musik Amerika Serikat.

Dan sekarang, di awal tahun 2018 Rich Chigga kembali jadi perbincangan netizen. Bukan karena lagu baru atau kontroversi yang dibuatnya, melainkan karena keputusannya menanggalkan nama Rich Chigga dan memilih nama Brian sebagai nama panggungnya.

Lho, kok ganti nama sih?

Bukan tanpa alasan, menurut Brian, keputusan untuk menanggalkan nama Rich Chigga karena banyak orang kulit hitam yang merasa tersinggung dengan Chigga. Menurut mereka, nama tersebut dianggap mirip dengan sebutan yang bersifat rasis.

Mengingat popularitasnya yang tengah meningkat dan pasar rap cukup populer dikalangan orang-orang kulit hitam, Brian tentu tidak ingin membuat mereka tersinggung, apalagi membuat mereka marah dan meninggalkannya.

Pergantian nama panggung ini langsung diutarakan oleh Brian lewat akun Twitter @iambrianimanuel dan Instagram @brianimanuel, yang menyebut jika pergantian nama panggung ini sudah direncanakan sejak lama. Brian pun mengungkapkan cukup senang karena berhasil melakukannya.

Selain mengonfirmasi nama panggung barunya, dalam kesempatan yang sama, pria kelahiran 3 September 1999 ini pun mengumumkan perilisan single terbarunya yang berjudul See Me.

FYI, Brian sendiri memulai kariernya lewat media sosial di 2010 saat usianya masih 11 tahun. Dengan mengusung nama panggung Rich Chigga, dia awalnya sering membuat video komedi bergaya Amerika.

Brian sendiri mengaku belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan menonton video YouTube dan banyak mendengarkan lagu-lagu dari rapper-rapper ternama, seperti Childish Gambino, 2 Chainz dan lainnya.

Sebelum meledak lewat lagu Dat Stick, Brian pernah merilis lagu berjudul Living the Dream di tahun 2015 lewat akun YouTube. Sayang, lagu tersebut gagal berkembang, hingga akhirnya 22 Februari 2016 kemarin, Brian mengunggah Dat Stick dan sukses di panggung Internasional.

Bahkan lagu Dat Stick mendapat sejumlah reaksi positif dari beberapa musisi rap Amerika, seperti Ghostface Killah, Tory Lanez, 21 Savage, MadeinTYO dan Desiigner.