Meskipun pesonanya mulai meredup, tapi bukan berarti Pokemon Go sudah benar-benar ditinggalkan lho! buktinya, di beberapa negar masih banyak orang yang rela meluangkan waktunya demi berburu sosok monster virtual yang menggemaskan tersebut.

Sebenarnya nggak ada larangan memainkan permainan ini, dengan syarat kamu harus lebih berhati-hati lagi. Pasalnya, banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena si pemain terlalu anteng dengan ponselnya, sehingga dia lupa dengan keselamatan diri dan orang lain yang berada disekitarnya.

Masih hangat dalam ingatan kita bagaimana buasnya para perampok yang memanfaatkan games ini untuk menjerat korbannya. Dan sekarang, dilansir dalam Reuters, seorang sopir truk di Jepang harus rela berurusan dengan hukum karena menabrak pejalan kaki saat bermain Pokemon Go.

Nggak tanggung-tanggung, si sopir teledor ini langsung menabrak 2 orang yang sedang asyik berjalan kaki di pinggiran jalan. Bahkan saking parahnya, satu diantara dua orang korban si sopir tersebut dinyatakan tewas di tempat, dan yang satunya lagi mengalami luka yang sangat parah.

Kepada polisi, si sopir ini mengakui jika dia tidak bisa berkonsentrasi karena terlalu fokus pada layar smartphone. Menurutnya, kejadian tersebut terjadi begitu cepat, dan dia tidak sadar telah menyebabkan korban meninggal dunia dan luka parah.

Terkait insiden ini, pihak Niantic, selaku perusahaan pengembang Pokemon Go bersama Nintendo, menyatakan jika pihaknya sebenarnya sudah melakukan antisipasi untuk mencegah kecelakaan di jalanan dengan menambahkan fitur pop up di layar smartphone.

Fitur ini harusnya muncul secara otomatis, dan memberitahukan si pemain jika dia berada dalam kecepatan yang nggak wajar. Selain itu, fitur ini pun secara khusus akan meminta konfirmasi si pemain untuk memastikan jika kalau dia tidak dalam keadaan sedang mengemudikan kendaraan.

Tidak hanya di Jepang

Kasus kecelakaan hingga merenggut korban jiwa akibat Pokemon Go, sebenarnya tidak hanya terjadi di Jepang saja. Sebelumnya, di Amerika Serikat sempat terjadi kasus kecelakaan yang menimpa seorang anak remaja yang tanpa sadar terjatuh ke jurang karena terlalu asyik bermain Pokemon Go.

Selain itu, masih banyak kasus-kasus kecelakaan lainnya yang menimpa para pemain Pokemon Go, termasuk kasus kematian seorang anak remaja karena jatuh ke sungai Big Win, Amerika Serikat, ketika dia hendak menangkap monster Pokemon.

Frozaolics, bermain Pokemon Go memang nggak ada yang melarang, tapi ingat dong! Jangan sampai kesenangan ini malah mengakibatkan kamu atau orang lain celaka. So, berhati-hatilah!