Frozzaholics yang gandrung main Pokemon GO di iPhone perlu mempersiapkan diri, nih. Pasalnya pada November 2017, Niantic Labs—pengembang Pokemon GO—mengumumkan bahwa gim tersebut tidak akan bisa dimainkan lagi pada perangkat Apple yang dibekali iOS 8. Lantas dua bulan selanjutnya, pihak pengembang pun memberi kabar kurang menyenangkan lagi bagi pengguna iPhone dan iPad.

 

Dilansir dari laman resminya, Niantic Labs mengonfirmasi bahwa Pokemon GO tak akan bisa berjalan lagi pada perangkat yang tidak di-upgrade ke iOS 11. Khususnya pada iPhone 5, dan 5c serta iPad 4. Perubahan tersebut bahkan sudah berjalan sejak 28 Februari 2018 atau kala pembaruan software pada perangkat Apple diluncurkan.

 

Mengapa Niantic Labs tidak mendukung iOS lama?

 

Alasan yang mendasari keputusan tersebut tidak terlepas dari pengembangan serta pembaruan gim yang dilakukan secara berkala. Jadi, menurut Niantic Labs, adalah hal wajar apabila sistem operasi lama tidak akan mampu mengoperasikan sejumlah fitur baru yang lebih canggih. Kabar ini pun langsung memicu kekecewaan dari pengguna iPhone dan iPad yang masih menggunakan sistem operasi lama untuk menjalankan Pokemon GO. Satu-satunya cara yang dapat Frozzaholis lakukan hanya mengganti perangkat atau upgrade sistem operasi yang mendukung update.

 

Di sisi lain, dinukil dari Phone Area, Niantic Labs kali ini akan mendukung platform AR atau Augmented Reality yang dihadirkan pihak Apple. Bernama AR+, teknologi tersebut akan mengandalkan kemampuan ARKit framework yang dimiliki perusahaan yang berlokasi di Cupertino ini. Dengan kata lain, Frozzaholics yang sudah melakukan upgrade ke iOS 11 (seperti iPhone 6s dan model-model teranyar) bisa langsung merasakan pengalaman AR+ saat menjalankan Pokemon GO.

 

Sesuai namanya, AR+ akan meningkatkan pengalaman nyata di Pokemon GO.

 

Misalnya, Frozzaholics bisa berjalan lebah dekat ke Pokemon seakan-akan semesta gim tersebut berpindah ke dunia nyata. Akan tetapi, Pokemon akan serta-merta kabur kalau jarak Frozzaholics dengan mereka terlalu dekat. Jadi Frozzaholics harus lebih berhat-hati.

 

Untuk memudahkan para pemain, Niantic Labs menambahkan fitur awareness meter yang berada di samping Pokemon. Fitur tersebut akan memperlihatkan tingkat kewaspadaan monster terhadap jarak dan keberadaan para pemain. Jika penunjuk tadi terisi penuh, berarti Pokeom sudah menyadari keberadaan Frozzaholics dan akan melarikan diri.

 

Buat Frozzaholics yang masih ingin main Pokemon GO, segera update sistem operasi perangkat, ya!