Buat sebagian masyarakat Indonesia, berpelesiran ke luar negeri dianggap sebagai kegiatan mahal. Terutama kalau tujuannya adalah negara-negara maju yang membutuhkan bujet besar. Belum lagi harus mengurus paspor dan visa yang tak kalah merepotkan.

 

Namun, Frozzaholics, beberapa negara di dunia ternyata mempunyai nilai tukar uang yang sama atau malah lebih rendah dari rupiah. Berikut ini lima negara yang nilai tukar uangnya bersahabat dengan bujet backpacking.

  Vietnam  

Salah satu anggota ASEAN ini mempunyai mata uang bernama dong. Sejauh ini, satu dong memiliki nilai yang setara dengan Rp0,5. Sebagai ilustrasinya, Frozzaholics yang makan di restoran cepat saji Amerika Serikat di Vietnam bakal mengeluarkan ongkos sekitar 70.000 dong atau kurang lebih Rp40.000 saja. Kabar baik lainnya, Frozzaholics tidak perlu memakai visa untuk terbang ke Vietnam. Makin hemat, kan?

  Nepal  

Negara Asia selanjutnya yang dikenal murah di kalangan backpacker Indonesia adalah Nepal. Negara ini mempunyai mata uang bernama nepal rupee yang satuannya setara dengan Rp131. Biaya hidup di ibu kota Nepal, Kathmandu, pun lebih rendah 22,5% dibadingkan Indonesia. Frozzaholics juga hanya perlu mempersiapkan visa on arrival kalau ingin menikmati liburan di Nepal.

  Iran  

Beranjak ke kawasan Timur Tengah, ada Iran yang nilai tukar mata uangnya lebih rendah dibandingkan rupiah. Bayangkan saja, Frozzaholics, 1 real iran setara dengan kurang lebih Rp0.35! Sementara biaya hidup di ibu kota Iran, Tehran, menempati peringkat 455 dari 529 di dunia. Jadi, buat Frozzaholics yang ingin menikmati wisata sejarah murah, tak ada salahnya buat menyambangi Iran.

  Belarusia  

Walau dikenal sebagai kawasan maju, tidak semua negara di Eropa punya biaya hidup mahal, lho. Di Belarusia, misalnya. Negara yang merupakan pecahan Uni Soviet tersebut mempunyai nilai tukar lebih rendah daripada rupiah, yakni Rp0,7 untuk 1 rubel. Biaya hidup di ibu kota Belarusia, Minsk, pun lebih murah 23,97% dari Jakarta.

  Paraguay  

Sekarang, mari kita bertualang ke Amerika Selatan. Paraguay merupakan salah satu negara di kawasan ini yang memiliki biaya hidup murah. Mata uangnya, guarani paraguay, mempunyai nilai yang setara dengan Rp2,4. Jadi, kalau Frozzaholics makan di restoran cepat saji Amerika Serikat di sana hanya perlu membayar 25.000 guarani atau kurang lebih Rp60.000.

 

Bagaimana, Frozzaholics? Siap melancong ke negara-negara ini?