Di balik reputasinya sebagai negara paling terisolasi di dunia, Korea Utara tetap menarik warga dunia. Berkunjung ke negara pimpinan Kim Jong-un bukan hal mudah juga, Frozzaholics. Pasalnya, mereka memberlakukan aturan sangat ketat. Satu kesalahan saja dapat berujung pada penjara seumur hidup atau hukuman-hukuman berat lainnya yang tidak kalah mengerikan.

 

Meski demikian, masih ada orang-orang yang nekat bertandang ke Korea Utara. Salah satu wisatawan beruntung yang masuk ke negara komunis tersebut adalah fotografer bernama Eric Lafforgue. Melalui jepretannya selama berada di ibu kota negara, Pyongyang, Lafforgue membagi kisahnya kepada dunia tentang kehidupan Korea Utara.

 

Jalan luas bak landasan pacu pesawat

 

Salah satu hasil bidikan Lafforgue yang paling menarik adalah kondisi jalan tol di Pyongyang. Jika di Indonesia Frozzaholics bakal dihadapkan dengan antrean kendaraan di pintu tol, maka di Korea Utara yang terjadi justru sebaliknya. Jalan tol yang diabadikan Lafforgue malah menampikan situasi yang amat lengang. Hampir tidak ada kendaraan yang melintas di sana! Selain itu, jalan raya dan tol di Pyongyang sangat luas sampai-sampai bisa dijadikan landasan penerbangan.

 

Di Korea Utara, warga biasa memang tidak diperbolehkan memiliki mobil. Mereka biasanya hanya menaiki sepeda untuk bepergian. Sementara kendaraan yang melintasi jalan tol pun tidak bisa berhenti sembarangan. Kalaupun berhenti, itu pun sekadar singgah di toilet umum. Belum lagi sederet aturan yang membuat Frozzaholics merasa tidak nyaman saat berkendara di Pyongyang.

 

Saking sepinya jalan raya atau tol di Korea Utara, wisatawan dapat langsung melihat kehidupan warga yang berbanding terbalik dengan tetangganya, Korea Selatan. Frozzaholics juga bisa mengamati desa-desa yang tak tersentuh peradaban modern. Rasanya seperti menyaksikan kehidupan di tahun ’50-an.

 

Batasan internet hingga hukuman 3 generasi

 

Bukan hanya kendaraan, Korea Utara juga membatasi pemakaian internet untuk seluruh warganya. Hanya pihak pemerintah dan orang-orang kelas atas saja yang dapat mengaksesnya walaupun hanya beberapa jam per hari. Situs yang dapat Frozzaholics buka pun hanya 1.000 alamat. Pembatasan ini semata-mata dilakukan agar warga negara tersebut tidak terpengaruh budaya Barat.

 

Hal paling mengerikan yang berlaku di Korea Utara adalah hukuman 3 generasi. Jadi, kalau seseorang melakukan tindak kriminal, maka hukuman yang dijatuhkan akan dirasakan sampai cucu-cucunya. Para tahanan dalam hukuman ini juga dibiarkan melarat sampai meninggal dunia.