Lupakan dulu sejenak Mount Everest yang masih dipercaya sebagai gunung tertinggi di dunia. pasalnya, di wilayah Asia Tenggara, terdapat sebuah gunung tinggi yang dikenal dengan nama Hkakabo Razi. Bukan gunung biasa, Hkakabo Razi disebut juga sebagai tempat naik haji-nya para pendaki.

Seperti apa sih keangkeran gunung ini?

Hkakabo Razi merupakan gunung yang masuk dalam bagian Taman Nasional Hkakabo Razi di provinsi Kachin, Myanmar. Gunung ini merupakan pembatas antara tiga negara sekaligus, yakni wilayah China (Tibet), India, dan tentu saja Myanmar.

Ada banyak hal yang membuat Hkakabo Razi tergolong spesial, salah satunya karena puncak tertingginya masih belum tersentuh oleh para penjelajah. Hal inilah yang membuat total ketinggian Hkakabo Razi masih belum dipastikan, meskipun untuk data sementara ketinggiannya mencapai 5881 Mdpl.

Menurut beberapa sumber ensiklopedia, pendaki Jepang, Takashi Ozaki, merupakan orang pertama yang menyentuh puncak Hkakabo Razi. Tapi walaupun begitu, banyak ensiklopedia tandingan yang justru menyebut jika puncak geriginya masih perawan, alias belum tersentuh manusia.

Mereka percaya jika Ozaki belum mencapai puncak geriginya. Dia hanya sampai ke bagian kaki karena jalur bagian puncaknya hingga kini masih misterius, dan Ozaki pun tidak bisa menjelaskan bagaimana proses pendakiannya ketika itu.

Seolah ingin membuktikan kengerian pucuk gerigi Hkakabo Razi, di tahun 2014, The North Face dan National Geographic, mengirimkan 5 orang pendaki terbaik untuk menaklukkan puncak gunung ini. Lagi-lagi, pendakian ini berakhir kecut karena puncak Hkakabo Razi masih terlalu kokoh untuk ditaklukan.

Emang apa sih yang membuat Hkakabo Razi susah ditaklukan?

Ada banyak hal yang membuat Hkakabo Razi sangat sulit ditaklukan, salah satunya karena untuk mencapai kaki gunungnya saja, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 1 bulan, atau bahkan lebih. Nah bayangkan untuk mencapai puncaknya, pasti lebih sangar kan?

Selain itu, jalur menuju puncak Hkakabo Razi masih merupakan puzzle yang sulit untuk dipecahkan. Nggak heran kalau Mark Jenkins, dalam tulisannya di National Geographic edisi September 2015, sempat menyebut jika Hkakabo Razi telah membuat para pendaki terbaik dunia tertunduk lesu.

Gimana dengan kamu Frozzaholics, berminat untuk mencoba menaklukan pucuk Hkakabo Razi?