Didirikan pada 1889, menara Eiffel dikenal akan reputasinya sebagai landmark paling populer di Prancis, bahkan dunia. Siapa saja yang berkunjung ke Paris pastinya ingin menyempatkan waktu buat mengamati langsung menara yang sempat memegang rekor struktur tertinggi di dunia tersebut.

 

Namun, tahukah Frozzaholics bahwa di puncak menara Eiffel ada apartemen yang tak diketahui banyak orang? Selama ini, wisatawan tidak pernah mengamati yang tersembunyi di tingkat tiga menara itu. Sampai baru-baru ini, pihak pengelola membuka tingkat tiga untuk umum. Begitu masuk, para turis akan disambut apartemen dengan furnitur dari abad ke-19. Ruangannya pun sangat khas Prancis. Sebut saja kamar tidur kecil, lemari, karpet, lemari, hingga wallpaper. Frozzaholics juga akan mendapati grand piano yang terletak di salah satu sudut apartemen.

 

Lantas, siapa yang dulu menempati apartemen di puncak Eiffel? Disitat dari Wonderful Engineering, ruangan tersebut ditempati oleh tak lain dan tak bukan Gistave Eiffel, sang arsitek menara. Setiap kali berkunjung ke Paris, dia pasti akan menempati apartemen itu. Ada pula tokoh-tokoh terkenal lainnya yang pernah bermukim di sana, termasuk di antaranya Thomas Alva Edison. Edison sendiri pernah menghabiskan waktu bersama Eiffel sambil mendiskusikan penemuan fonograf.

 

Fakta-fakta unik lain dari Menara Eiffel

 

Apartemen di tingkat tiga adalah satu dari sekian fakta unik dari menara Eiffel. Sejak pembangunannya, struktur yang mendapat bantuan dari dua insinyur bernama Stephen Sauvestre dan Maurice Koechlin itu sudah mencatat sejarah tersendiri. Dalam upacara pembukaan, elevator yang kelak mengantarkan turis ke puncak ternyata belum berfungsi secara maksimal. Akibatnya, Gustave Eiffel pun harus menaiki lebih dari 1.000 anak tangga demi mengibarkan bendera Prancis di puncak menara.

 

Selanjutnya, menara Eiffel pun menjadi saksi bisu dari Paris World Fair, Frozzaholics. Acara tersebut merupakan peringatan satu abad Revolusi Prancis yang digelar pada Mei 1889. Kendati elevator sudah bisa digunakan, tetapi kurang lebih 30.000 pengunjung saat itu tetap harus mendaki tangga untuk sampai ke menara Eiffel karena elevator tidak sanggup mengangkut jumlah turis yang membludak. Eiffel juga nyaris dirobohkan 20 tahun sejak berdiri di Prancis, tetapi berhasil diselamatkan oleh para ilmuwan demi kepentingan sains.

 

Nah, Frozzaholics yang berencana liburan ke Paris bisa meluangkan waktu mengunjungi menara Eiffel buat melihat apartemen atau atraksi menarik lainnya di sana.