Perkembangan teknologi sekarang ini sudah tidak tertahankan lagi, mulai dari alat komunikasi, sampai dengan senjata militer, semuanya sudah berbalut teknologi tinggi. Salah satunya adalah Drone, sebuah robot yang umumnya berbentuk pesawat tanpa awak, belakangan ini menjadi tren karena fungsinya yang sangat luas. Bukan hanya sebagai alat pengintai musuh, tetapi bisa juga digunakan sebagai alat pembunuh.

Frozzaholic mau tahu Drone milik siapa saja sih yang saat ini tercatat sebagai drone paling canggih di dunia, Simak penuturannya berikut ini.

General Atomics MQ-9 Reaper

Turboprop MQ-9 merupakan sebuah drone pemburu, sekaligus pembunuh pertama yang didesain khusus untuk memiliki daya jelajah yang sangat luas. Dalam mode pembunuh, bahkan drone ini mampu mengangkut rudal udara Hellfire hingga 14 buah. Pesawat ini sendiri merupakan pengembangan dari drone General Atomic’s QM-1 Predator yang dikabarkan telah menghancurkan Thaliban di Afghanistan.

Lockheed Martin RQ-170 Sentinel

Memiliki julukan sebagai Beast of Kandahar, drone ini sangat sempurna digunakan sebagai alat mata-mata, sekaligus pembunuh musuh jarak jauh. Dengan daya jelajahnya yang tinggi, dan dilengkapi dengan teknologi super canggih khas Amerika, telah membuat Lockheed Martin RQ-170 Sentinel memiliki reputasi memata-matai, sekaligus membunuh yang sangat tinggi.

Northrop Grumman Global Hawk RQ-4

Drone hasil karya Northrop Grumman ini dibekali dengan bentangan sayap-sayap 116 kaki dengan bobot 26.750 pound. Dengan badannya yang sangat besar untuk ukuran drone, tidak heran jika RQ-4 dinobatkan sebagai drone terbesar yang saat ini telah beroperasi. Dengan tubuhnya yang bongsor, Drone ini mampu mengangkasa hingga ketinggian 60.000 kaki dan dapat dikendalikan dari pusat kendali oleh tiga orang kru.

AAI Corporation RQ-7 Shadow

Berbeda dengan kebanyakan drone yang lepas landas dan mendarat di landasan pacu. RQ-7 Shadow ini harus diluncurkan ke udara sampai ketinggian 30 kaki dengan menggunakan peluncur hidrolik. Tapi jangan salah, drone ini sangat canggih untuk kegiatan memata-matai pergerakan musuh dengan daya jelajah dan daya tangkap informasi yang sangat akurat.

AeroVironment Puma-AE

Puma-AE merupakan drone yang dirancang khusus untuk operasi di darat ataupun di laut. Drone ini sendiri biasa ditugaskan untuk misi intelijen, penilaian target, pengawasan sekaligus pengintaian. Puma-AE memiliki bobot hanya 13 pound dan bisa di luncurkan dengan hanya menggunakan tangan. Sangat ringan dan canggih, itulah kesan yang ditinggalkan drone ini.

Menurut Frozzaholic, apakah Indonesia harus punya Drone canggih juga gak?

Sumber gambar: dailypakistan.com.pk