Diantara sekian banyak band yang terlahir dan besar di tahun 90an, mungkin namaNirvana merupakan sebuah fenomena tersendiri. Sebagai buktinya, band Grunge legendaris tersebut hingga kini tetap berada dihati para penggemar setianya. Bahkan sebagai bentuk penghargaan atas karya-karyanya, warga Huqoiam di Washington, Amerika Serikat, akan merayakan Nirvana Day setiap tanggal 10 April.

Selain fakta tersebut, dalam artikel ini tersaji juga beberapa fakta unik lainnya tentang band Grunge legendaris dari Amerika ini.

  • Dalam beberapa kesempatan, Kurt Cobain tidak pernah menyebut jika Nirvana beraliran Grunge. Justru sebaliknya, Kurt sangat benci dengan istilah Grunge, sang vokalis bertangan kidal ini lebih suka menyebut musiknya sebagai Alternative Rock atau punk-rock.
  • Sebagai frontman, Kurt Cobain memang sangat produktif sebagai pencipta lagu. Ketika menciptakan lagu, Kurt mengaku jika dirinya terinspirasi dari The Beatles dan Black Sabbath.
  • Diantara sekian banyak lagu yang terdapat dalam beberapa album Nirvana, ternyata hanya lagu Polly-lah yang disebut Bob Dylan sebagai lagu yang paling cerdas dari Nirvana.
8 Fakta Unik Dan Jarang Terungkap Dari Nirvana - Cobain
  • Jika musisi lain akan menolak dikatakan sebagai plagiat, justru Kurt sebaliknya. Dalam sebuah wawancara, Kurt mengaku jika reff lagu Smells Like Teen Spiritsmerupakan hasil curian dari reff lagu More Than A Feeling milik band legendaris Boston.
  • Bleach merupakan album pertama Nirvana yang mengantarkan band ini ke puncak popularitas. Tapi tahukan kamu jika nama album itu sendiri diambil dari sebuah poster pencegahan AIDS Bleach Your Works.
  • Sebelum resmi menyandang nama Nirvana, Kurt Cobain pernah mempertimbangkan untuk mengambil beberapa nama seperti, Poo Poo Box, Whisker Biscuit, Bat Guana, Designer Drugs, Spina Biffida, Egg Flog, Gut Bomb, Fish Food, Pukeaharrea, Puking Worms dan Imcompotent Fools.
  • Ketika ditanya tentang inspirasi dari video clip lagu Heart Shaped Box,Kurt mengatakan jika video klip tersebut terinspirasi dari beberapa mimpi yang pernah dia ingat.
  • Diantara sekian banyak lagu-lagu band cadas, lagu-lagu Nirvana dikenal memiliki kekuatan lirik yang sangat dalam. Ketika ditanya apa rahasianya bisa menciptakan lirik lagu seindah itu, Kurt Cobain menjawabnya dengan mengatakan “Dalam bermain musik yang terpenting adalah emosi”.

Selain fakta-fakta diatas, tentu saja masih banyak fakta menarik lainnya tentang Nirvana. Kalau Frozzaholics punya infonya, sharing dong di kolom komentar di bawah ini!

Sumber gambar : metalhammer.teamrock.com