Damn it..!!! kata itu secara spontan saja keluar dari mulut setelah selesai mendengarkan seluruh rangkaian lagu baru dari album Foo Fighters yang bertajuk Sonic Highways. Bukan karena lagu-lagunya gak enak, tapi bentuk rasa sesal yang mendalam kenapa gerombolan pengusung musik Grunge ini baru mengeluarkan album ini di akhir tahun sekarang.

Terlepas dari seluruh album yang pernah dirilis band asal Seatle Amerika Serikat ini, Sonic Highways dianggap sebagai album yang wajib untuk kamu koleksi. Bahkan saking pentingnya, sang vokalis Dave Grohl sendiri menganggap album ini sebagai surat cinta untuk perjalanan musik Amerika.

Dalam keseluruhan lagunya, Sonic Highways secara luwes menghadirkan nuansa rock tradisional yang terdengar sangat sederhana, tapi tetap sophisticated ala Foo Fighters. Hal ini jelas terlihat dari permainan gitar yang meraung penuh keresahan, dentuman bass yang sangat berat dengan tambahan gebukan drum yang sarat akan emosi, kemarahan dan saya rasa ada sedikit keputusasaan.

Coba saja Frozzaholics nikmati lagu Something From Nothing yang menjadi pembuka sekaligus single pertama di album ini. Secara sempurna, sang gitaris Rick Nielsen menampilkan gaya Cheap Trick yang sangat memukau. Temponya memang tidak secepat yang ditampilkan dalam lagu lainnya, tapi sepertinya inilah bentuk kedewasaan bermusik Foo Fighters.

Jika Frozzaholics pernah mendengarkan lagu Garbage The World is Not Enough, lagu ini secara keseluruhan menampilkan nuansa yang serupa, tapi ada sedikit ubahan dengan mengalirkan darah funk di pertengahan lagu, dan disempurnakan dengan sedikit kasar di akhir lagu. Dengan melihat lagu ini saja, sangat pantas jika beberapa waktu lalu Dave Grohl sempat mengatakan jika musik U2 seperti kentut.

Selain lagu tersebut, Frozzaholics simak juga lagu Congregation yang direkam di Nashville. Dalam lagu ini, Foo Fighters menggandeng musisi country ternama, yakni Zac Brown. Dalam lagu yang sangat bertenaga ini, terdengar jelas bagaimana raungan gitar yang solid dari gitaris Pat Smear dan Chris Shiflett terpadu apik dengan suara vokal Dave dan Zac yang terdengar sangat harmonis.

Selain kedua lagu diatas, masih banyak lagu yang sangat pantas kamu nikmati untuk mengisi dahaga ditengah geliat musik Indonesia yang saya rasa cukup Oh.......!!! Sensor Cuy!! Nah, menurut Frozzaholics, lagu mana saja sih yang dianggap paling nendang dalam album Sonic Highways milik Foo Fighters ini? Share yuk!

Sumber gambar: alternativenation.net