Luar biasa! Itulah yang patut kita ucapkan kepada Ed Sheeran yang secara mengejutkan mampu mencatatkan namanya sebagai salah satu musisi tersukses di daratan Inggris Raya. Setelah sukses lewat albumnya yang berjudul X, kini pelantun Don't tersebut malah sanggup melampaui pencapaian yang sebelumnya dicatatkan Emeli Sande pada tahun 2012 silam.

Album X milik Ed tersebut mendapat status sebagai album yang mampu terjual mencapai jutaan copy sepanjang tahun 2014 kemarin. Prestasi ini sendiri menjadi pencapaian pertama sekaligus tertinggi yang pernah dicatatkan oleh Ed semenjak single Thinking Out Loud mampu menggeser Meghan Trainor di posisi puncak. Video musik lagu tersebut juga menuai banyak sekali viewers hingga mencapai ratusan juta penonton.

Tidak hanya itu, Album X milik Ed juga mampu meraih 4 penghargaan platinum dengan angka penjualan lebih dari 1,2 juta kopi sebelum tutup tahun 2014 kemarin. Semenjak kemunculan album X pada Juli lalu, album tersebut langsung merangsek ke papan atas sebagai album dengan penjualan terbanyak sekaligus tercepat setelah album Adele pada dua tahun yang lalu.

Dari 12 track yang terdapat dalam album X, Thinking Out Loud mampu meraih posisi puncak penjualan UK top singles, bahkan lagu ini sendiri menghabiskan waktu 19 minggu dan kokoh di jajaran puncak 40 single terbaik untuk tahun 2014 kemarin. Dengan lagu romantis dan deretan lagu lainnya yang umumnya berirama khas anak remaja, album X sukses menghantarkan Ed menjadi salah satu artis terbaik sekaligus tersukses di daratan Inggris Raya.

Album X Ed Sheeran Laris Manis di Inggris - Cover

Untuk menuju ke posisi puncak, Ed Sheeran sendiri harus berjibaku mengalahkan album World Peace is None of Your Business miliknya Morrissey yang mampu membuntuti dengan duduk di peringkat kedua, kemudian disusul oleh album Dolly Parton yang berjudul Blue Smoke - The Best Of yang nyaman nongkrong di posisi ketiga.

Secara berturut-turut, kemudian di posisi selanjutnya ada album Sam Smith yang berjudul In the Lonely Hour yang nongkrong pada peringkat keempat, serta Wanted on Voyage miliknya George Ezra yang menempati posisi kelima. Bagaimana menurut kamu? Sanggupkah Ed Sheeran kembali mencatatkan rekor dengan labum X miliknya di kancah Internasional?