Buat kamu yang besar di tahun 90an, Pomade tentu bukan barang asing lagi buat kamu. Pada waktu itu, produk hair styling ini sangat nge-trend dan menjadi andalan ABG waktu itu untuk membuat tampilan mereka lebih maksimal. Pomade sendiri dibuat dengan menggunakan bahan dasar minyak kelapa, wax, lanolin dan parfum. Berbeda dengan wax, pomade tidak akan membuat rambut kering dan keras seperti gel, selain itu pomade juga tidak akan mengering. Dengan kata lain, Pomade mirip wax tetapi tidak akan kering dan mudah ditata.

Benda ajaib yang satu ini juga cenderung mudah di dapat, dari mulai Departement Store, toko alat kecantikan, barbershop, bahkan kamu bisa mendapatkan berbagai jenis pomade di beberapa toko Online dengan harga beragam, dari mulai Rp20 Ribu, sampai dengan Rp200 Ribu untuk tipe pomade merek premium.

Nah, berhubung gaya rambut klasik sekarang ini kembali menjadi tren, mendingan kita simak yuk beberapa jenis pomade untuk memaksimalkan tampilan klasik kamu.

Petroleum Based Pomades

Melihat namanya saja, kamu pasti sudah bisa menebak jika pomade yang ini dibuat dari bahan minyak. Kelebihan dari pomade ini adalah, lebih tahan lama dan tahan terhadap gempuran keringat. Tidak hanya itu, pomade itu sendiri mampu bertahan dari gempuran air hujan sekalipun.

Kalau kamu ingin menggunakan gaya rambut pomp atau quiff, sepertinya pomade jenis ini sangat cocok untuk kamu pakai. Walaupun begitu, kamu harus tahu jika pomade ini susah dihilangkan. Cara yang paling efektif adalah dengan keramas. Jika proses pembersihan pomade ini tidak selesai, rambut kamu akan terasa lengket dan berminyak.

Water Based Pomades

Jika di lihat dari segi tekstur-nya, pomade jenis ini terlihat sama dengan pomade berbahan minyak, tetapi bedanya, pomade jenis ini cenderung mudah dibersihkan. Bahkan hanya dengan mengguyur air, kamu akan terbebas dari pomade ini secara utuh.

Tapi sayangnya, dari segi ketahanan, pomade jenis ini sangat ringkih dan bahkan lebih mirip seperti Wax yang tidak akan membuat rambut kamu kaku. Pomade ini sangat cocok untuk potongan rambut sleek yang lebih panjang atau sedikit bergelombang.

Mixed Based Pomades

Yang terakhir adalah Mixed Based Pomades. Pomade jenis ini merupakan campuran dari minyak dan air. Jika kita berbicara masalah ketahanan, tentu saja pomade ini hampir setara dengan pomade berbasis minyak, tapi lebih mudah dibersihkan.

Dengan segala keunggulannya, tidak heran jika pomade ini lebih banyak dipilih oleh anak muda  90an, terutama untuk penganut gaya rambut terbaru.

Sekarang Frozzaholics sudah mengetahui jenis-jenis pomade dan kegunaannya. Nah, pomade jenis manakah yang paling kamu sukai? Share yuk di kolom komentar.

Sumber image : Kaskus