Buat kita yang terbiasa sama hiruk pikuk dan ribetnya kota besar, pasti anugerah dari Tuhan banget ya kalau bisa menikmati pemandangan alam yang sejuk dan memanjakan mata. Bebas dari macet, omelan boss, suara klakson, mesin menderu dan terutamanya sih bebas asap kendaraan. Hmmm... jadi pingin weekend getaway ya, Frozzaholics? Tapi udah punya rencana mau kemana belum?

Kalau belum, coba deh ke Kulonprogo!

Daerah satu ini nggak kalah sama Kota Yogyakarta kok kalo soal destinasi wisata! Apalagi kalau yang kamu cari adalah wisata alam. Kalau ini yang Frozzaholics cari, maka kamu harus banget menyempatkan diri ke Kalibiru!

Di sini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih asri serta udara yang sejuk dan segar. Kamu juga bisa memanfaatkan jalur trekking yang ada di kawasan hutan Kalibiru untuk menjelajah dan menikmati pemandangan serta suara-suara alam seperti desau angin, kicau burung, derik serangga dan gesekan dedaunan yang jelas langka banget di perkotaan!

Tapi, yang paliiiing wajib dikunjungi di Kalibiru itu ya menara pandangnya, Frozzaholics!

Uniknya, menara pandang ini terletak di atas pohon dan kamu punya dua pilihan untuk mengaksesnya. Bisa dengan fasilitas Flying Fox atau panjat manual. Di menara pandang ini, kamu bisa foto-foto sepuasnya dengan latar belakang Waduk Sermo dan kawasan Menoreh. Untuk setiap kali naik ke atas, kamu akan dikenai biaya Rp 10.000 per orang. Kalau kamu ngeri, akan ada petugas di sana yang siap membantu kamu, kok! Alat-alat pengaman seperti harness, tali penghubung, tali cabinner dan kermantel juga ada, kok.

kalibirusumber gambar : jarangpanas.com

Selain menara pandang di atas pohon ini, di kawan yang kini dikelola masyarakat tersebut juga terdapat beberapa gardu pandang yang bisa dicapai dengan trekking menyusuri jalan setapak yang sudah dicor. Gardu pandang ini tersebar di berbagai tempat dan rata-rata menghadap ke Waduk Sermo. Saat pagi hari, Frozzaholics bisa menyaksikan Waduk Sermo yang berselimutkan kabut, sedangkan saat senja matahari yang terbenam di barat akan menjadi penutup hari kamu yang sempurna dan romantis!

Soal fasilitas, Kalibiru sudah dilengkapi dengan areal parkir yang luas, kios makanan, toilet, pendopo, homestay, camping ground, serta fasilitas outbond. Homestay atau pondok wisata yang ada di Kalibiru berjumlah 6 dan masing-masing dapat menampung 10 – 15 orang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 120.000 per malam untuk satu pondok. Jadi jangan heran kalau kawasan ini sering jadi tempat pilihan untuk melaksanakan malam keakraban atau makrab, Frozzaholics!

Bagi Frozzaholics yang ingin ke sana, kawasan Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Jaraknya dari Yogyakarta sekitar 40 kilometer dan tidak terlalu jauh dari obyek wisata Waduk Sermo. Rute menuju Kalibiru cukup menanjak, jadi disarankan banget untuk menggunakan kendaraan ber-cc besar biar mobil dan supirnya nggak menderita. Sesampainya di sana, kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 3.000 per orang. Sedangkan tarif parkir motor sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

So, tunggu apalagi? Butuh weekend getaway? Buruan ke Kalibiru!

sumber gambar banner : editrans.com