Beberapa minggu kemarin, Xiaomi dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah tablet dengan ukuran 9 inci yang harganya di berkisar Rp 1jutaan. Tentu saja pemberitaan tersebut langsung membuat heboh penggemar gadget, mengingat mayoritas tablet yang dihargai di harga tersebut kebanyakan berukuran 7 inci. Itupun dengan spesifikasi yang tidak terlalu mentereng.

Seperti biasa, Xiaomi akan membekali tablet barunya ini dengan sederet spesifikasi mentereng, sebut saja display berukuran 9,2 inch dengan resolusi sebesar 1280x720 piksel, chipset Snapdragon 410 berkecepatan 1,2GHz 64-Bit dengan GPU Adreno 306. Tidak hanya itu, sepesifikasi yang cukup mentereng tersebut didukung juga oleh RAM berkekuatan 1GB, dengan memori internal sebesar 8GB dengan konektivitas WiFi & LTE.

Kalau semua informasi tersebut benar, tablet yang dimaksud dalam bocoran tersebut kemungkinan besar merupakan tablet yang sama dan sempat mampir dalam database GFXBench pada akhir Oktober tahun lalu. Berdasarkan informasi dari Business Korea, tablet  tersebut akan dijual dipasaran seharga 599 yuan atau setara dengan Rp 1,1 juta.

Xiaomi Tablet - Mi Pad Userinterface

Kemungkinan besar, tablet dari Xiaomi ini akan mulai beredar pada awal 2015 berbarengan dengan kelahiran Xiaomi Mi5 atau bisa juga dijadikan sebagai perangkat untuk menyambut perayaan Tahun Baru China yang akan jatuh pada Februari 2015 mendatang. Di saat itu, di China dikenal juga sebagai periode belanja besar-besaran warga Tiongkok.

Dengan kemunculan tablet dari Xiaomi ini, beberapa pakar industri memprediksi jika tablet ini akan memiliki pengaruh yang kuat di pasar tablet, mengingat spesifikasi yang diusungnya masih terbilang cukup setara dengan sebuah iPad mini milik Apple, tetapi dengan harga yang jauh lebih murah.

Xiaomi sendiri sekarang ini telah mampu menjelma menjadi salah satu vendor gadget terbesar di negaranya sendiri dan terbesar ketiga di dunia. Dengan ciri khas desain mirip dengan perangkat-perangkat Apple, spesifikasi yang selalu mumpuni dan tentu saja harga yang bersahabat, membuat Xiaomi banyak digemari dan selalu mencatatkan rekor fantastis disetiap penjualannya.

Dengan lahirnya tablet ini, menurut Frozzaholics, mampukan Xiaomi mewujudkan impiannya untuk menggerus Samsung dan Apple di puncak produsen gadget di pasaran Global?

Sumber image: Mobile 88