Untuk kamu yang sudah gemar menonton Film Hollywood di tahun 90-an, judul film Independence Day sudah pasti ada dalam list film terbaik yang pernah kamu tonton. Film arahan Rolland Emmerich ini mampu menyajikan unsur disaster movie, aksi, fiksi-ilmiah dan petualangan yang dikemas dengan apik dalam satu paket sempurna dan mampu menyajikannya sebagai sebuah film yang renyah untuk dinikmati.

Independence Day berkisah tentang serangan mahluk asing (alien) berskala masif ketika rakyat Amerika tenggelam dalam pesta pora perayaan hari kemerdekaan Amerika. Dengan latar belakang yang sederhana, Film ini terbukti sukses memikat jutaan mata dan mampu bertengger di posisi pertama sebagai film yang paling digemari di seluruh dunia dan mampu membukukan pendapatan hingga $817,400,891.

Dengan segala pesona yang dimilikinya, sangat pantas kalau akhirnya banyak penggemar film ini yang mengharapkan kehadiran sebuah sekuel. Tapi sayangnya, proyek sekuel tersebut selama hampir dua dekade terakhir ini hanya sebatas wacana saja tanpa adanya realisasi yang jelas.

Sampai beberapa waktu lalu, kabar kehadiran sekual film Independence Day semakin santer terdengar. Bahkan pihak 20th Century Fox sendiri yang sebelumnya menggarap film ini, mengkonfirmasikan jika mereka akan segera memproduksi sekuel film Independence Day. Tidak hanya satu sekuel, film yang juga dikenal dengan nama ID4 tersebut akan dibuat menjadi dua sekuel sekaligus.

Berdasarkan informasi yang didapat dari situs Deadline, kabar tentang kemunculan ID 2 ini semakin terasa nyata. Sebagai buktinya, pihak 20th Century Fox sudah memberi lampu hijau kalau Film Independence Day 2 akan dimulai proses produksinya pada bulan Mei tahun 2015 mendatang. Walaupun begitu, sampai saat ini pihak 20th Century Fox masih bungkam tentang sosok orang-orang yang akan terlibat dalam film ini. Tidak hanya itu, nasib Rolland Emmerich yang menjadi sutradara dalam Independce Day juga masih menjadi tanda tanya, tetapi sedikit bocoran mengatakan jika aktor Will Smith dikabarkan tidak akan kembali terlibat dalam proyek sekuel ini.

Terlepas dari semua itu, sepertinya keputusan untuk memproduksi ID4-2 di tahun 2015 ini dipengaruhi juga dengan peringatan 20 Tahun perilisan pertamanya yang akan jatuh pada tahun 2016. Apakah benar demikian? Kita lihat saja perkembangannya.