Apa Browser yang sering kamu gunakan ketika berselancar di dunia maya dengan menggunakan smartphone? Tentu saja banyak aplikasi browser yang saat ini ditawarkan oleh para pengembang untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone dalam hal berselancar di dunia maya. Salah satunya adalah Firefox, yang namanya sudah harus sebagai browser untuk perangkat Desktop.

Tapi sayangnya, sejak kemunculannya dalam versi Mobile, firefox masih enggan untuk memberikan aplikasi browser untuk sistem operasi iOS milik Apple. Padahal seperti kita ketahui, iOS merupakan salah satu sistem operasi yang ekosistem penggunanya sangat tinggi, setelah Android.

Tapi hal ini tidak berlaku lagi, kabarnya Mozilla sudah mulai melunak dan berencana untuk menghadirkan aplikasi Browser untuk sistem operasi iOS. Kepastian kehadiran Firefox untuk platform iOS sendiri langsung disampaikan oleh Senior Release Manager Firefox, yakni Lukas Blakk dalam sebuah cuitannya di situs jejaring sosial Tretter.

Dalam sebuah tweet yang diunggah pada tanggal 2 Desember tersebut, Blakk mengatakan jika aplikasi Browser Firefox akan selalu hadir di manapun para penggunanya berada. Lebih lanjut lagi, dia pun memastikan jika Firefox akan hadir dalam platform iOS.

Dalam berita sebelumnya, pihak Mozilla mengatakan jika mereka tidak akan mau menghadirkan peramban Firefox dalam sistem operasi iOS. Hal tersebut karena perusahaan berlambang rubah api iniĀ  tidak setuju dengan kebijakan Apple yang dianggapnya memberatkan para pengembang browser pihak ketiga, di mana mereka diwajibkan untuk menggunakan JavaScript dan rendering engine dari Apple.

Tidak hanya itu, pihak ketiga pun diwajibkan untuk me-render gambar di server luar sebelum akhirnya mengirimkannya ke dalam peramban dalam perangkat. Teknik ini sendiri sudah dilakukan browser Opera untuk menjadikan kinerja browser mereka lebih cepat

Karena Mozilla yang tidak diperbolehkan untuk menggunakan web engine miliknya sendiri, akhirnya perusahaan ini sempat meradang dan mengancam tidak akan pernah menghadirkan browser Firefox dalam sistem operasi besutan Apple tersebut.

Dam sekarang, seiring dengan bergantinya tampuk kepemimpinan, kebijakan pun ikut berubah. Kini firefox sudah mulai melunak dan berjanji akan segera menghadirkan Browser Firefox dalam sistem operasi iOS.