Banyak orang yang hanya tahu Jakarta adalah tempat yang sangat akrab dengan kemacetan, kehidupan yang sangat keras, dan banjir yang sampai saat ini masih belum mampu dikendalikan sepenuhnya. Tapi dibalik semua itu, Jakarta memiliki ragam Taman Kota yang sangat indah dan cocok untuk dijadikan lokasi pelepas penat setelah selama sepekan bergelut dengan kerasnya kehidupan Jakarta.

Setiap akhir pekan, khususnya malam minggu, suasana Taman Ayodya yang bertempat di kawasan Barito Jakarta Selatan selalu ramai dengan berbagai aktivitas warga Jakarta yang sekedar ingin melepas penat. Ratusan sepeda motor berjejer mengelilingi area taman, tidak ketinggalan aksi puluhan pedagang kaki lima yang berpadu dengan pengamen yang tidak henti mengais recehan dari pengunjung taman ini.

taman ayodya

Harus diakui, desain dan tempat Taman Ayodya strategis di tengah kota, menjadi tempat yang asik untuk sekedar nongkrong sambil menikmati suasana Indahnya malam minggu di Jakarta. Tapi sebelum menjadi taman, tahukah kamu bagaimana sejarah terciptanya Taman Ayodya?

Drama Kelahiran Taman Ayodya

taman ayodya

Diantara kita, mungkin masih banyak yang belum mengetahui kalau dulunya kawasan yang sekarang menjadi Taman Ayodya merupakan surganya pecinta ikan hias sekaligus kawasan toko bunga. Di tempat ini, para penjajak ikan hias dan para pencintanya bercampur menjadi satu. Bisa dikatakan, Taman Ayodya dulu merupakan pusat ikan hias di Jakarta.

Karena berdiri sebagai sentra bisnis, bukan perkara mudah untuk bisa membebaskan lahan tersebut. Pro dan kontra ketika terus terjadi, ketegangan demi ketegangan antara aparat dengan pedagang ikan hias, seolah menjadi bumbu manis diantara rencana besar pemerintah mendirikan taman ini. Karena upaya islah terus mengalami jalan buntu, penggusuran secara paksa menjadi solusi.

Lewat drama yang berakhir tragis bagi para penjual bunga dan Ikan hias ini, pada 15 Maret 2009, terlahirlah taman kota yang kini bernama Taman Ayodya dengan luas hanya sekitar 7500 Meter Persegi atau setara dengan 2 kali luas lapangan bola.

Ditaman yang cukup megah ini, kamu akan mendapati berbagai fasilitas menarik yang sayang untuk dilewatkan, dari mulai sarana olahraga, tempat nongkrong, jalur bersepeda, jalan-jalan di danau dan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya. Selain itu, dengan hadirnya Taman Ayodya, telah membuat nafas Ibu Kota sedikit lega ditengah gempuran polusi yang semakin hari membuat suasana semakin sesak.

Frozzaholics pasti sudah pernah main ke sini, share dong bagaimana pengalaman kamu nongkrong di taman Ayodya!

Sumber gambar: twicsy.com