Sebagai band yang mengusung aliran musik yang tidak biasa, Payung Teduh ternyata punya cara unik dalam menentukan rilis album terbarunya. Selain mereka harus menyesuaikan diri dengan kesibukan dengan para personelnya, band dengan ciri khas unik ini selalu mempertimbangkan iklim atau kondisi cuaca.

Band yang digawangi oleh Is (vokal dan gitar), Cito (drum), Comi (cello) dan Ivan (guitalele) ini selalu menjadwalkan untuk meluncurkan albumnya di kala musim penghujan tiba. Is yang merupakan vokalis sekaligus Gitaris, saat ditemui di Universitas Indonesia, mengatakan jika semua album Payung Teduh sudah pasti akan rilis ketika musim hujan. Contohnya saja 2010 yang lalu, walaupun pada saat itu hujan badai telah membuat semua properti terbang, tetapi semua itu nggak masalah buat seluruh personel Payung Teduh.

[caption id="attachment_1103" align="aligncenter" width="600"]Payung Teduh Rilis Album di Musim Hujan - Salatiga Live Sumber foto: jurnalwarga.com[/caption]

Pada saat peluncuran album kedua, pada saat itu kondisi Jakarta bukan hanya hujan, tetapi sedang dilanda banjir. Tapi justru Is merasa senang dengan hujan. Bahkan pada tahun 2012 saat di Kemang terjadi banjir, penonton yang menghadiri acara peluncuran albumnya tetap banyak.

Bukan tanpa alasan jika Is dan kawan-kawan di Payung Teduh sangat menyukai hujan. Mereka menjadikan hujan sebagai inspirasi dalam bermusiknya. Semua lambang itu ada di hujan, dari semua kebosanan, semua kegelisahan, semua kepenatan, semua kejengkelan, semuanya ada di hujan. Tidak hanya itu, pahit manisnya hidup juga ada dalam hujan. Ujar Is.

Uniknya lagi, Is dan kawan-kawan, sampai saat ini mengaku jika masih suka hujan-hujanan di setiap ada kesempatan. Seluruh personil Payung teduh pun kerap mengajak anak dan teman-teman lainnya untuk menikmati guyuran air dari langit secara langsung tanpa merasa takut jatuh sakit atau hal lainnya.

Bagi mereka, anggapan hujan-hujanan akan menimbulkan penyakit itu salah besar. Karena selama kita bisa menikmati kedatangan hujan dan menganggapnya sebagai anugerah, sistem imun dalam tubuh kita akan menjaga kita dan membuat kita tetap sehat.

Lagian, hujan-hujanan bersama teman-teman sambil tertawa lepas, justru membuat kita lebih sehat, bebas stress dan tentu saja, menyegarkan! Rilisan terbaru dari Payung Teduh ini bisa menjadi pilihan album musik Indonesia untuk kamu miliki Frozzaholics.